SENI DAN ELEKTRONIKA

DAYAK BUMI SEGANDU

by Unknown , at 6:05 AM , has 0 komentar
Kaum Minoritas yang Hidup Damai di Bumi Losarang MASYARAKAT adat Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu (sering disebut Dayak Losarang) sudah hidup berpuluh-puluh tahun di Desa Krimun, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Cara berpakaiannya khas, tak mengenakan pakaian atas dan menutup tubuhnya hanya dengan celana sebetis berwarna hitam putih. Dengan keunikannya itu, bagaimana kaum minoritas ini hidup bersosialisasi dengan masyarakat sekitar?

SEORANG anggota Dayak Losarang, Dedi bercerita, ia dan pengikut lainnya hidup berdampingan dengan masyarakat setempat dengan baik. Saling berbagi dan saling memberi, menjadi hal yang dijaga untuk menciptakan kedamaian. Masyarakat Losarang pun, sangat menghargai keberadaan mereka.

"Kehidupan kami, ya biasa saja. Bahkan, saat kami dicap sesat dan khawatir akan diserang oleh pihak-pihak yang tidak suka, masyarakat melindungi kami. Katanya, kalau ada yang menyerang, mereka (masyarakat setempat) akan berada di barisan depan," kata Dedi.

Keharmonisan itu tercipta, karena prinsip saling menghormati dan tidak merugikan yang dipegang kuat selama ini. Masyarakat adat Dayak Losarang, sebagian besar berprofesi sebagai petani. Hasil bumi, biasa ikut dibagi kepada masyarakat yang juga menginginkannya. Pilihan bertani, memang pilihan paling memungkinkan bagi mereka.

"Untuk aktivitas, kami bermacam-macam. Ya biasa saja, tetap mencari nafkah. Tetap dengan bertelanjang dada. Kalau seperti saya yang total, cari nafkah dengan bertani, atau pekerjaan serabutan lain. Yang penting, mencari rezeki tidak merugikan orang lain," kata Dedi.

Hidup sebagai kelompok minoritas, tak membuat masyarakat adat Dayak Losarang terpinggirkan. Mereka mengaku merasa termarjinalkan oleh peraturan perundang-undangan yang dibuat negara. Seperti halnya kelompok masyarakat adat lain, masyarakat Dayak Losarang juga terhambat urusan administrasi kependudukan. Harapan mereka, harapan klasik yang selalu diutarakan kelompok minoritas : mendapat perlakuan dan hak yang sama sebagai warga negara. Kapan akan menjadi nyata? (Inggried Dwi Wedhaswary).
  
DAYAK BUMI SEGANDU


DAYAK BUMI SEGANDU
About
DAYAK BUMI SEGANDU - written by Unknown , published at 6:05 AM, categorized as SEJARAH . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment

Berkometarlah dengan bahasa yang sopan.

Bck
Cancel Reply
Copyright ©2002 WAWAN SETIAWAN by
Theme designed by Arjuna Pogal -
Powered by Blogger
-->